Membuat iklan adalah salah satu langkah yang bisa kalian lakukan untuk memajukan bisnis kalian. Iklan dibuat bukan tanpa tujuan. Para pebisnis sukses sudah paham apa tujuan pembuatan iklan yang mereka ingin tampilkan kepada khalayak. Untuk bisa membuat iklan yang baik harus ada syarat-syarat yang kalian ikuti. Apa syarat iklan yang baik? Mari, simak uraiannya di bawah ini.
- Iklan harus jujur dan bersifat objektif. Dalam membuat iklan, kalian tidak dilarang, kok, untuk menyertakan opini, tapi tetap harus jujur dan disertai fakta yang konkrit, ya. Salah satu contoh iklan yang berisi konten kebohongan adalah iklan yang menyembunyikan material berbahaya pada produknya. Para pengiklan nakal seperti ini tidak patut untuk dicontoh, ya.
- Tiga kunci iklan yang sukses adalah singkat, padat, dan jelas. Target audiens yang kalian tuju terkadang tidak memiliki waktu yang banyak untuk membaca iklan. Bahkan kalau kalian pasang iklan seperti iklan diskon atau iklan lainnya di platform digital, masih banyak target pasar yang meng-skip iklan kalian. Maka dari itu, kalian perlu membuat iklan dengan struktur yang singkat, padat, tapi isinya tetap jelas.
- Jangan mengandung ujaran kebencian. Persaingan pasar memang ketat, tapi bukan berarti kalian harus menyenggol kompetitor kalian. Iklan yang kalian pasang jangan sampai menyebarkan kebencian karena hal tersebut bisa memicu keributan antar kelompok.
- Syarat iklan yang baik adalah iklan yang tepat sasaran. Salah satu langkah iklan efektif adalah menentukan target pasar dan tujuan. Nah, kalau keduanya sudah ditentukan, selanjutnya kalian bisa memasang iklan yang tepat sasaran. Misal, kalian menjual produk kecantikan, maka pasanglah iklan kalian di majalah dengan mayoritas pembaca perempuan.
- Gunakan kata-kata yang bisa menarik calon pembeli. Kata-kata yang dimaksud adalah kata-kata yang tepat, logs, dan sopan. Pemilihan kata itu penting, lho, dalam iklan. Tagline atau jargon yang kalian pilih juga akan mempengaruhi efektivitas iklan kalian. Buatlah iklan yang bisa membuat audiens terus teringat produk kalian.
- Iklan yang baik adalah iklan yang relevan. Pebisnis yang profesional adalah pebisnis yang bisa membuat iklan yang relevan dengan produknya. Jadi, ketika kalian membuat iklan, pastikan konten iklan yang kalian buat sesuai dengan produk yang kalian jual, ya.
- Menerima Banner iklan advertorial, review jasa/produk, content placement, backlinking, banner.
- Tidak menerima Iklan Perjudian & Pornografi.